tugas metode riset minggu ke tiga (3)

Nama : Zerri olander

NPM : 15209193

Kelas : 3 EA 13

 

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN LAYANAN BUS TRANS JAKARTA

 

Tema : Layanan Bus Transjakarta

 

1.   Latar belakang

Jakarta sebagai ibu kota negara Republik Indonesia, dikenal juga sebagai kota metropolitan. Sebagai kota yang besar dan metropolit Jakarta dituntut memiliki keunggulan antara lain dibidang transportasi masa, salah satu masalah yang mengikat Jakarta adalah diantaranya rnasalah kemacetan lalu lintas di jalan raya. Kemacetan ini timbul karena semakin banyaknya mobil-mobil pribadi dan kurangnya rasa kedisiplinan para pengendara dalam mengendalikan kendaraannya. Dampak ekonomi yang timbul akibat kemacetan ini sebenarnya amat besar. Tidak saja dan keborosan bahan bakar yang terbuang percuma, keterlambatan tetapi juga kerugian yang timbul akibat keterlambatan yang terjadi akibat kemacetan tersebut.

 

 

1.1.         Fenomena

Bus way trans jakarta yang kini menjadi contoh moda transportasi moderen di Jakarta, yang memilki beberapa keistimewaan di banding dengan moda transportasi yang lainnya, misalnya jalur khusus, halte khusus serta pelayanan di dalam bus yang juga berbeda, tentu merupakan nilai tersendiri bagi Bus Trans Jakarta ini. Sebagai moda transportasi yang menjanjikan keutamaan dalam hal kenyamanan bagi para penumpangnya, sudahkah hal ini dapat dipenuhi seiring dengan pembangunan koridor-koridor baru yang nantinya akan lebih banyak menarik minat masyarakat.

 

1.2.      Riset terdahulu

 

PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN “BUSWAY” TRANS JAKARTA , Oleh : Jatmiko Murdiono , Tahun: 2006.

 

Menghasilkan sebuah analisis bahwa penilaian tingkat kepuasan yang terendah dimata konsumen Busway saat ini. Melalui wawancara dilapangan, konsumen mengeluhkan lambannya penanganan keluhan tentang sistem antrian yang ada saat ini. Berdasarkan hasil observasi di lapangan, pada jam-jam tertentu ketika penumpang dihalte sudah penuh, memang terlihat antrian yang tidak teratur dan banyak pula penumpang yang terjepit pintu halte ataupun pintu Bus.

 

Jika dilihat dari tingkat pendapatan, konsumen yang memiliki pendapatan dibawah UM menilai bahwa dimensi Emphaty merupakan dimensi yang memiliki nilai terendah, menurut hasil wawancara dilapangan ini disebabkan karena kurang adanya rasa emphaty petugas dalam memprioritaskan orang cacat, wanita hamil, dan lain-lain. Oi sisi lain penumpang yang memiliki pendapatan diatas UMRmemahami tentang kurangnya rasa empati petugas tadi, responden ini justru menilai bahwa dimensi Responsivenes-lah sebagai dimensi yang mempunyai kualitas pelayanan yang rendah.

 

1.3.      Motifasi penelitian

  1. Melihat sejauh mana moda transportasi Bus Way atau Trans Jakarta memberikan pelayanannya terhadap para penumpang.
  2. Melihat sejauh mana masyarakat dapat terlayani oleh keberadaan Bus Way.
  3.  Melihat hal apa saja yang menjadi prioritas utama pelayanan bus Way terhdap masyarakat penggunanya.
  4. Melihat sejauh mana masyarakat puas atas pelayanan Trans jakarta.

 

2.   Perumusan masalah

2.1.      Masalah

Sebagai moda transportasi yang di rencanakan bebas macet dan tepat waktu, keunggulan lain yang dimiliki oleh Bus Trans Jakarta adalah kenyamanannya. Lalu sejauh mana kenyamanan yang dirasaskan oleh para pengguna Bus Trans Jakarta, mengingat semakin banyak koridor yang dibangun seiring jumlah pengguna yang akan semakin bertambah banyak setiap harinya.

 

2.2.      Tujuan penelitian

1. Untuk menganalisis persepsi konsumen atas pelayanan jasa transportasi Bus Trans Jakarta atau Busway.

2. Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara masing-masing dimensi tingkat kepuasan konsumen dan antara karakteristik konsumen

3.   Metodolog

Penelitian ini didesain dengan rancangan penelitian survei yang melibatkan beberapa sampel para penumpang Bus Way.

Menurut cara perolehannya dalam penelitian ini saya juga menggunakan data sekunder, yaitu data yang berasal dari phak lain yang telah dikumpulkan dan diolah terlebih dahulu.

Sedangkan menurut sifatnya saya menggunakan data primer dan data sekunder. Dan menurut sumbernya, dalam penelitian ini saya mengumpulkan data melalui dokumentasi, yaitu mencari data-data melalui media internet.

 

 

4.   Rekomendasi

 

http://www.google.co.id/#hl=id&sa=X&ei=b4WQToaeCeTmiALOvYnNCA&ved=0CBYQBSgA&q=PERSEPSI+KONSUMEN+TERHADAP+PELAYANAN+%22BUSWAY%22+TRANSJAKARTA&spell=1&bav=on.2,or.r_gc.r_pw.,cf.osb&fp=226d6422ae57ec94&biw=930&bih=479

 

 ini link pak prihantoro

 

 

 

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag . Tandai permalink.