tugas metode riset

Tugas Metode Riset Bab 2
BAB 2
LANDASAN TEORI
– Teori dasar / konsep
Sebagai kota besar metropolitan Jakarta dituntut memiliki keunggulan antara lain dibidang transportasi masyarakat, salah satu masalah yang besar yang dihadapi oleh Pemerintah DKI Jakarta adalah diantaranya: rnasalah kemacetan lalu lintas di jalan raya. Kemacetan ini timbul karena semakin banyaknya mobil-mobil pribadi dan kendaraan bermotor roda dua.Penyebab kemacetan itu disebabkan kurangnya kedisiplinan para pengendara motor/mobil dalam mengendarai kendaraannya. Pada tahun 2005 Pemda DKI(Gubernur Sutiyoso)membuat satu gebrakan baru yaitu pengadaan transportasi diwilayah DKI Jakarta yaitu berupa Busway yang merupakan alat Transportasi untuk mempermudah akses Jalan di Jakarta&Mengurangi kemacetan yang semakin parah. Tetapi dengan adanya busway kelancaran di wilayah DKI Jakarta belum maksimal dan malah mempersempit jalan umum.

– Kajian Penelitian Sejenis
Menurut Ketua Institut Studi Transportasi (Instran) Darmaningtyas memaparkan, sejak diresmikan 5 tahun lalu bus transjakarta mengalami pasang surut. Penelitian yang dilakukan oleh Instran menunjukkan bahwa bus transjakarta memiliki berbagai permasalahan, seperti banyak pelayanan yang terabaikan.disejumlah pelayanan yang terabaikan, antara lain, lamanya waktu tunggu (headway) di beberapa koridor busway, jalur yang tidak steril, tidak ada moda angkutan pengumpan yang aman, dan pengelolaan kurang profesional.

Hasil riset Instran menunjukkan headway di koridor VII Pasar Minggu-Manggarai bahkan mencapai 25 menit. Pada koridor lain, kondisinya juga hampir serupa. Padahal, idealnya headway tidak lebih dari 5 menit.

“Di koridor lain, meski headway-nya tidak selama itu, namun sekali datang tidak bisa mengangkut semua penumpang,” tuturnya.

Instran juga melakukan survei untuk mengidentifikasi keluhan yang paling dirasakan pengguna bus transjakarta. Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 200 responden ini menunjukkan benefit yang paling diharapkan penumpang dengan adanya bus transjakarta adalah kepastian waktu dan waktu tempuh yang lebih singkat.

-Kesimpulan Sementara(Lema)
Dengan adanya Busway di DKI Jakarta belum dapat mengatasi kemacetan secara maksimal. Perlu adanya perhatian yang lebih serius lagi dari Pemda DKI untuk mengatasi Kemacetan tersebut. Disiplin berlalu lintas harus ditegakan bukan hanya teori saja, tetapi dalam prakteknya setiap pengendara yang melanggar peraturan harus ditindak tegas. Diharapkan lalu lintas lancar.

-Deskripsi atau Indikator
Bus TransJakarta ditambah dan jalan khusus Transjakarta agar dibuat berupa jalan laying(Flay Over).

– Pengembangan Hipotesis
Kenapa masyarakat Memilih Bus TransJakarta:
a) Biaya transport terjangkau
b) Rasa nyaman karena berAC
c) Lebih cepat dibanding bus kota

4. Rekomendasi

http://www.google.co.id/#hl=id&sa=X&ei=b4WQToaeCeTmiALOvYnNCA&ved=0CBYQBSgA&q=PERSEPSI+KONSUMEN+TERHADAP+PELAYANAN+%22BUSWAY%22+TRANSJAKARTA&spell=1&bav=on.2,or.r_gc.r_pw.,cf.osb&fp=226d6422ae57ec94&biw=930&bih=479

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s