METODE RISET BAB 3

METODOLOGI PENELITIAN

( Data )

Penelitian yang dilakukan dalam tulisan ini menggunakan metode survey yang
mengkombinasikan data kualitatif yaitu mengenai alat Transportasi masyarakat berupa Busway. Hal ini digunakan untuk memperoleh hasil gambaran kualitatif yang diberikan oleh masyarakat terhadap tingkat kepuasaan pelayanan Busway. Meskipun dalam metode penelitian ini relatif kecil baik jumlah sample maupun ruang lingkup populasinya, akan tetapi hasilnya diharapkan dapat memberi gambaran awal tentang alat Transportasi Busway yang lebih luas lagi.

( Eksplorasi data )
Populasi penelitian adalah upaya melakukan survei untuk mengidentifikasi keluhan yang paling dirasakan pengguna Bus Transjakarta. Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 200 responden ini menunjukkan benefit yang paling diharapkan penumpang dengan adanya bus transjakarta adalah kepastian waktu dan waktu tempuh yang lebih singkat.

Penarikan sampel dengan menggunkan teknik ini dimugkinkan untuk memperoleh sampel yang representatif dari populasi yang ada.

Berikut beberapa pertanyaan mengenai Alat Transportasi Busway dikalangan Masyarakat, diantaranya yaitu: Menunjukkan bahwa Bus Transjakarta memiliki berbagai permasalahan, seperti banyak pelayanan yang terabaikan, bahkan disejumlah pelayanan yang terabaikan, antara lain, lamanya waktu tunggu (headway) di beberapa koridor busway, jalur yang tidak steril, tidak ada moda angkutan pengumpan yang aman, dan pengelolaan kurang profesional.

Dari beberapa pertanyaan di atas perlu adanya perhatian yang lebih serius lagi dari Pemda DKI untuk mengatasi Kemacetan dan tingkat pelayanan Busway tersebut. Disiplin berlalu lintas harus ditegakan bukan hanya teori saja, tetapi dalam prakteknya setiap pengendara yang melanggar peraturan harus ditindak tegas. Diharapkan lalu lintas lancar.

( Variabel indikator )
Variabel yang akan diteliti meliputi

a)      Biaya transport terjangkau

b)      Rasa nyaman karena berAC

c)     Lebih cepat dibanding bus kota

( Model penelitian )
Data yang telah dikumpulkan akan diolah dan disajikan melalui :
1. Analisis deskriptif kualitatif dilakukan dengan cara meringkas dan mengklasifikasikan jawaban responden terhadap alasan pengguna Busway dikalangan masyarakat.

Sumber :

www,google.com

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s