Tugas ke 3 perilaku konsumen

TUGAS PERILAKU KONSUMEN

BAB 7 :

KEPRIBADIAN, NILAI, DAN GAYA HIDUP

 

 

 

 

 

 

 

 

ZERRY OLANDER

3 EA 13

15209193

 

UNIVERSITAS GUNADARMA

2011

BAB  I

PENDAHULUAN

 

Latar belakang

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk yanghampir mencapai dua ratus lima puluh juta jiwa merupakan negara dengan penduduk terbanyak keempat di dunia.

Selain itu, kondisi geografis indonesia yang terbagi oleh beberapa pulau besar, membuat kebudayaan semakin berfariasi dan memiliki cirinya sendiri.

Hal-hal inilah yang membuat bangsa indonesia memiliki banyak karakteristik yang berbeda beda yang sekaligus juga akan mempengaruhi kepribadian nilai dan gaya hidup yang berbeda-beda pula antara manusia yang satu dengan yang lainnya.

Di samping itu keberagaman ini tentusaja menciptakan perilaku konsumen yang berbeda-beda pula, terutama dalam hal memilih suatu barang maupun membeli suatu merek barang.

Perusahaan akan melihat ini sebagai suatu tantangan yang harus di temukan pemecahannya, karena setiap konsumen yang dapat kita penuhi kebutuhannya dengan tepat, maka perusahaan dikatakan berhasil dalam memenuhi kebutuhan para konsumennya.

1

2

  1. 1.      Rumusan Masalah

Dalam tugas membuat tulisan ini, terdapat beberapa rumusan masalah yang berusaha  kita bahas dan jelaskan antara lain adalah :

Sebuah perusahaan Tas terkenal di jakarta menghadapi permasalahan berupa tuntutan agar perusahaan mampu membuat dan menjual produknya tersebut namun dengan menjunjung tinggi kepribadian dan nilai  dan gaya hidup para konsumennya.

Untuk meningkatkan laba perusahaan, maka perusahaan berusaha untuk menjual dan membuat produk tas tersebut sesuai dengan permintaan-permintaan dari konsumennya yang menginginkan sesuai dengan gaya hidup mereka.

Lalu bagaimana perusahan dalam memecahkan permasalahan tersebut?

  1. 2.      Tujuan Penelitian

Dalam tugas membuat tulisan ini, ada beberapa tujuan  yang hendak  kita capai  sesuai dengan masalah yang dihadapi perusahaan Tas diatas, antara lain adalah :

Memberikan pemecahan masalah mengenai Sebuah perusahaan Tas yang terkenal di jakarta yang menghadapi permasalahan berupa tuntutan agar

3

perusahaan mampu membuat dan menjual produknya tersebut namun dengan menjunjung tinggi kepribadian dan nilai  dan gaya hidup para konsumennya.

Untuk meningkatkan laba perusahaan, maka perusahaan berusaha untuk menjual dan membuat produk tas tersebut sesuai dengan permintaan-permintaan dari konsumennya yang menginginkan sesuai dengan gaya hidup mereka.

  1. 3.      Metodelogi Penelitian

Pada tugas penulisan ini, Data-data yang kami peroleh sebagai bahan penulisan didapatkan  menggunakan beberapa metode penelitian diantaranya adalah  :

  1. Melalui data sekunder, yaitu data yang berasal dari pihak lain yang telah dikumpulkan dan diolah terlebih dahulu, kemudian di sajikan dalam bentuk sebuahinformasi yag berguna.
  2. Sedangkan menurut sifatnya saya menggunakan data primer dan data sekunder.
  3. Menurut sumbernya, dalam penelitian ini saya mengumpulkan data melalui dokumentasi, yaitu mencari data-data yang tertera pada  media internet.

4

  1. 4.      Hipotesis

Hipotesis merupakan sebuah jawaban sementara yang dapat di beriakan oleh penulis mengenai masalah perilaku konsumen diatas. Hiotesis yang diberikan di dasarkan pada informasi-informasi, maupun data-data yang telah didapat, sehingga dapat di berikan hiotesis sementara.

Adalah  sebagai berikut :

Produsen Taas tersebut sebenarnya dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan cara membuat berbagai varian produk menurut kelsa dan gaya hidup yang diinginkan calon konsumennya, serta memberikan garansi akan nilai produk tersebut sesusai dengan gaya hidup dan jumlah harga yang dibayarkan konsumennya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB  II

PEMBAHASAN

  1. 1.    Kepribadian

 

  1. 1.      Definisi Kepribadian

Pengertian dari Kepribadian merupakan suatu ciri yang dibawa dari  dalam jiwa seseorang semenjak dia mulai dewasa yang sangat menentukan serta mencerminkan bagaimana orang tersebut merespon dengan tingkah laku terhadap lingkungannya.

Sifat-sifat seseorang merupakan suatu hal yang paling dapat dinilai dalam melihat kepribadian seseorang. Sifat-sifat ini  berasal dari dalam diri.

Sifat-sifat yang membedakan antara seseorang dengan orang lainnya terletak pada kualitas sifat, pembawaan sifat, kemampuan mempengaruhi orang dan perangai khusus yang dimilikinya.

Selain itu kepribadian juga cenderung dapat mempengaruhi pilihan dan pembelian seorang konsumen terhadap suatu produk barang maupun jasa.

5

6

Hal inilah yang mempengaruhi konsumen dalam berbagai cara konsumen merespon usaha promosi  dari para para pemasar, kapan    waktunya, di mana letaknya, dan bagaimana mereka mengkonsumsi produk dan jasa tertentu.

 

Sifat Dasar dari Kepribadian

Antara lain :

a)      Kepribadian membedakan individu

Kepribadian seseorag dikatakan saling membedakan karena dalam diri seseorang terdapat karakteristik yang dapat membentuk kepribadian seorang individu menjadi sangat berbeda dengan individu lainnya.

Hal tersebut merupakan kombinasi-kombinasi yang berasal dari banyak sebab. Sehingga akan banyak terdapat kepribadian yang akan tercipta baik karena pengaruh lingkungan sosialnya  maupun kebudayaannya.

 

7

b)     Kepribadian bersifat konsisten dan bertahan lama

Sebenarnya kepribadian seseorang akan muncul sejak manusia tersebut berumur anak-anak , kepribadian sebenarnya sudah di bawa sejak bayi maupun saat dalam kandungan yang dalam hal ini, diturunksn oleh orang tuanya dan kemudian dibawa siring dengan pertumbuhan dan akan semakin matang ketika orang tersebut menjadi dewasa dan Tua.

c)      Kepribadian dapat berubah

Sebenarnya kepribadian seseorang yang di bawa sejak kecil tetap dapat berubah pada keadaan tertentu yang mempengaruhinya. Misalnya karena adanya berbagai peristiwa hidup yang terus dialaminya.

Kepribadian seseorang berubah tidak hanya sebagai respon terhadap berbagai peristiwa yang terjadi tiba-tiba, Namun juga terjadi sebagai bagian dari perjalanan sebuah proses menuju ke kedewasaan secara yang bertahap.

8

Pengaruh Kepribadian Dalam Perilaku Konsumen

Kepribadian yang berbeda membawa banyak perbedaan juga terhadap perilaku konsumen seseorang terhadap pembelian suatu barang, hal tersebut dikarenakan setiap orang memiliki kehidupan sosial yang berbeda-beda, serta berasal dari keluarga dengan kondisi yang berbeda-beda pula, hal ini lah yang menjadikan setiap orang memiliki keperibadiannya masing-masing yang jelas berbeda dengan kepribadian orang lainnya.

Kepribadian ini akan mempengaruhi sikap seseorang dalam menilai suatu produk, serta akan memberikan pemahaman yang berbeda dari nilai guna suatu barang. Maka hal itu tentu akan mempengaruhi perilakunya sebagai seorang konsumen.

 

  1. 2.    NILAI-NILAI INDIVIDU

Seseorang akan memiliki nilai-nilainya sendiri sesuai dengan karakteristiknya masing-masing. Setiap individu juga akan menilai sesuatu dengan berbeda-beda. Nilai yang dimiliki oleh setiap individu tersebut akan mempengaruhi perilaku dan alasan seseorang dalam membelanjakan uang atau sember daya yang mereka miliki untuk membeli suatu barang.

9

Dengan demikian bila semakin tinggi seseorang menilai suatu barang dan jasa terhadap kebutuhan hidupnya, maka akan semakin tinggi pula apresiasi/ Respon mereka terhadap produk tersebut.

Contoh : Seorang konsumen akan menilai secara baik terhadap suatu produk / barang yang dibelinya apabila barang tersebut memenuhi syarat akan keingnan dan dapat memenuhi kepuasan konsumennya. Konsumen Tas akan merasa puas terhadap tas yang dibelinya bila tas tersebut kuat dan nyaman digunakan.

 

  1. 3.    KONSEP GAYA HIDUP DAN PENGUKURANNYA

Berbicara mengenai konsep, maka perencanaan merupakan elemen utamanya, maka pengertian dari konsep Gaya hidup adalah bagaimana perencanaan seseorang terhadap gaya hidupnya sehari-hari, dengan perencanaan yang matang dan berpatokan pada suatu hal ataupun prinsip yang melatar belakanginya.

Seseorang memulai merencanai pola kehidupannya sejak kecil, ketika orang tua memberikan pendidikan sekolah, maka hal itu juga merupakan pola perencanaan terhadapa seseorang yang diberikan oleh orang lain, dengan tujuan memberikan perencanaan yang baik.

 

10

Untuk  mengukur gaya hidup seseorang, maka kita harus menggunakan pendekatan Psikografi,  Psikografi merupakan suatu kriteria untuk mengukur tingkat psikologis seseorang yang berhubungan langsung dengan pengaruh pembentukan gaya hidup.

Dalam Psikografi terdapat variabel-variabel yang akan  digunakan. Variabel psikografi tersebut antara lain adalah :

I.            Sikap

Sikap merupakan pola tingkah laku / perilaku seseorang yang biasa dilakukannya dalam kehidupan sehari-harinya.

II.            Nilai

Nilai merupakan pandangan seseorang terhadap nilai-nilai yang dimiliki orang lain , sebagai tolak ukur baik atau tidaknya orang tersebut dlam kehidupannya di masyarakat.

III.            Aktivitas

Aktivitas adalah suatu kegiatan rutun sehari-hari yang secara Continue terus dilakukan sebagai suatu kebiasaan/ kesibukan.

IV.            Minat

Minat merupakan keinginan seseorang akan seseorang terhadap suatu hal, dan memotifasi orang tersebut untu dapat mencapai hal yang diinginkannya itu.

11

                                        V.            Opini

Opini adalah sebuah tangkapan/ pengertian  seseorang akan suatu hal  yang biasanya diungkapkan melalui pendapat.

VI.            Demografi.

Demogrrafi adalah tatanan kependudukan yang ada dalam suatu wilayah dan temasuk menilai kebudaayaan yang ada dalam suatu wilayah tersebut.

 

 

  1. 4.    PENGUKURAN GANDA PERILAKU INDIVIDU

Pengukuran ganda perilaku individu, merupakan suatu cara bagaimana mencari tahu perilaku antara individu yang satu dengan individu yang lainnya dengan menilai karakteristik yang sama dan memberikan nilainya terhadap masing-masingnya.

Contoh : Dua orang konsumen memiliki kebiasaan yng sama yaitu berbelanja, namun yang satu suka berbelanja akan barang-barang mewah karena memiliki kemampuan finansial yang tinggu pula, dan yang satu orang lagi berbelanja dengan prioritas kebutuhan hidup sehari-harinya.

12

Maka kita akan dapat menilai kedua orang tersebut secara berbeda meskipun terdapat kesamaan kebiasaan yang sama.

Di samping itu juga ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perilaku seorang individu ( konsumen ) terhadap keputusannya dalam hal membeli dan menggunakan produk’

Antara lain :

  1. Sikap orang lain
  2. Faktor situasi yang  tak terduga

Sikap orang lain dalam merespon suatu produk yang di pasarkan , tentu akan mempengaruhi respon individu pula, bila respon dari masayarakat cukup besar dalam merespon suatu produk yang di pasarkan, maka individu tersebut akan akan merespon yang sama.

BAB  III

PENUTUP

 

KESIMPULAN

Kepribadian merupakan suatu ciri yang dibawa dari  dalam jiwa seseorang semenjak dia mulai dewasa, kepribadian sangat menentukan dan mencerminkan bagaimana seseorang dengan tingkah laku terhadap lingkungannya.

Dalam kaitannya dengan perilaku konsumen, kepribadian, nilai dan gaya hidup jelasakan mempengaruhinya, sebab dengan adanya perbedaan kepribadian, nilai dan gaya hidup seseorang maka pola pikir dalam menilai suatu produk akan berbeda pula, sehingga akan mempengaruhinya dalam keputusan membeli.

Dalam kasus diatas, dimana perusahaan pembuat Tas mengahdapi masalah berupa tuntutan agar perusahaan mampu membuat dan menjual produknya tersebut namun dengan menjunjung tinggi kepribadian , nilai  dan gaya hidup para konsumennya. Maka perusahaan harus mengambil langkah berupa segmentasi pasar terhadap penjualan dan pembuatan tas.

13

14

Tas dengan harga mewah dan kualitas terbaik akan dijual pada konsumen dengan gaya hidup mewah dan glamour. Sedangkan Tas dengan kualitas nomer dua, dan harga juga di bawah kualitas utama, maka pasarnya adalah konsumen menengah kebawah.

kepribadian konsumen tidak dapat dirubah oleh perusahaan dengan seketika, namun dengan segmentasi pasar, maka perusahaan telah menjadikan Gaya hidup sedn kepribadian sebagai peluang pemasaran.

 

 

 

 

 

 

 

 

15

DAFTAR PUSTAKA

http://belajarpsikologi.com/pengertian-kepribadian/

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/11/kepribadian-nilai-dan-gaya-hidup-dalam-perilaku-konsumen/

http://community.gunadarma.ac.id/blog/view/id_27179/title_pola-kepribadian-nilai-dan-gaya-hidup/

http://shenifa.wordpress.com/2011/11/24/kepribadian-nilai-dan-gaya-hidup/

http://community.gunadarma.ac.id/blog/view/id_27179/title_pola-kepribadian-nilai-dan-gaya-hidup/

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s